Kamis, 04 Oktober 2012

Tips Merawat Computer

Tips Merawat Computer (PC atau Laptop/notebook)
(berdasarkan pengalaman Romi Syam Edwin Purba selama teknisi computer di bimacomputer Medan)
Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan pada saat kita mempergunakan computer agar computer kita awet dan tahan lama.

Pertama, pada saat memulai menghidupkan computer, perhatikan baik-baik cabel-cabel yang terhubung dengan computer kita, seperti yang menghubungkan ke monitor, atau ke cpu. ketatkan seluruh sambungan cabel yang terhubung degan computer.  Usahakan mempergunakan Stabilizer atau UPS agar pasokan arus yang masuk kedalam computer anda menjadi stabil, karena kestabilan computer dapat membuat computer anda lebih tahan lama.
Apabila seluruh kabel sudah diketatkan, hidupkan pertama kali monitor, kemudian cpu apabila anda mempergunakan Computer. Apabila mempergunakan Notebok atau laptop hidupkanlah tombol power yang ada pada laptop anda. Kemudian tunggu procces yang terjadi pada computer, kemudian setelah masuk ke sistem dengan normal anda sudah dapat memakai program aplikasi yang terdapat pada computer anda. Computer zaman sekarang sudah dapat mendukung multi tasking, atau bisa membuka banyak aplikasi secara bersamaan. perlu diingat, ketika anda tidak memakai aplikasi ada bisa menutup programnya. ini berguna untuk akselarasi atau kecepatan Computer anda. karena lebih banya pekerjaan yang terdapat pada computer anda otomatis, computer anda akan jadi lambat. begitu juga sebaliknya, ketika Computer anda sedikit pekerjaan, computer anda akan bekerja dengan cepat.

Kedua, pada saat memasukkan flashdisk atau media penyimpanan portable lainnya jangan lupa untuk menscan mempergunakan anti virus, ini berguna untuk mencegah computer anda terserang virus, karena apabila computer anda terserang Virus maka computer akan menjadi lambat. 

Ketiga, apabila sudah selesai mengerjakan seluruh aktifitas dalam computer anda, anda sudah dapat menutup program dan mematikan computer anda dengen shutdown normal. jangan asal sembarangan menekan tombol power, usahakan dengan cara yang standar yaitu 
pada windows xp , tekan tombol start lalu arahkan pointer ke tulisan Turn Off Computer kemudian click Turn Off, tunggu procces shut down sampai layar keliatan gelap.

Keempat, Setelah Computer anda sudah mati, pastikan tombol monitor juga mati, kemudian cabut seluruh sambungan computer dengan arus listrik. Ini mencegah agar computer anda aman dari serangan petir. apabila anda mempergunakan laptop pastikan laptop anda mati, kemudian biarkan 5-10 menit sampati laptop anda benar-benar dingin. setelah 5-10 menit anda sudah dapat menutup laptop anda dan menyimpannya kedalam tas.

"Demikianlah saya sampaikan tips singkat ini semga berguna untuk anda."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar